Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rumah yang baik adalah rumah yang saat ditinggali akan terasa aman dan nyaman. Rumah yang aman dan nyaman merupakan aset investasi yang sang...

Tahapan Perlindungan Rumah Dari Hama Rayap

Rumah yang baik adalah rumah yang saat ditinggali akan terasa aman dan nyaman. Rumah yang aman dan nyaman merupakan aset investasi yang sangat berharga dan dapat diturunkan pada anak cucu kita nantinya. Semua orang tentu setuju dengan persepsi ini. Namun kenyataannya, tidak semua orang dapat menjaga rumahnya dengan baik. Masih banyak rumah megah dan mewah namun di dalamnya sudah terjadi kerusakan di sana sini. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan alamiah. Salah satunya karena serangan hama rayap. Anda tentu sudah sangat familiar dengan nama hewan kecil yang satu ini.

Rayap seringkali dikaitkan dengan media kayu dan dan tanah yang memang menjadi target incaran rayap sebagai tempat hidupnya. Ketika rayap sudah melakukan serangan, bangunan rumah anda perlahan bisa terkikis dan menjadi bangunan yang bisa hancur sewaktu-waktu. Tentu sebagai pemilik rumah, anda tidak mau hal tersebut terjadi pada anda bukan? Untuk dapat mengatasinya, anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali jalan atau cara praktis yang bisa anda terapkan guna melindungi rumah anda dari serangan rayap. Salah satunya dengan menggunakan jasa anti rayap Mojokerto.

Jasa ini merupakan salah satu bidang usaha yang bekerja dalam bidang pembasmian hama, baik rayap maupun hama pengganggu lainnya. Jasa ini beroperasi di wilayah Mojokerto. Namun, anda juga bisa menemukan kantor cabangnya di beberapa kota di sekitarnya. Sebelum akhirnya memutuskan menggunakan jasa anti rayap ini, tidak ada salahnya jika anda paham terlebih dulu bagaimana tahapan dalam melindungi bangunan dari resiko serangan hama rayap. Berikut di bawah ini bisa anda catat dengan baik :

Perawatan pada pondasi

Perawatan ini dilakukan jika rumah bangunan anda masih berupa pondasi. Langkah perawatan pertama ini dilakukan agar rayap sekalipun tidak bisa berusaha masuk ke dalam rumah bangunan dari jalan pondasi. Tahapan ini dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan secara bertahap terhadap seluruh bagian pondasi rumah. Mulai dari pondasi yang belum tertutup tanah, hingga nanti pondasi telah tertutup dengan tanah secara sempurna. Cairan yang disemprotkan adalah cairan anti rayap yang sudah diracik sedemikian rupa. Entah itu menggunakan bahan alami, maupun menggunakan obat kimiawi.

Perawatan lantai dasar

Proses ini dilakukan setelah tahapan perawatan pondasi. Caranya dengan melakukan penyemprotan pada seluruh bagian lantai dasar menggunakan cairan anti rayap seperti yang digunakan pada perawatan pondasi. Dengan begini, rayap juga akan susah masuk ke dalam bangunan melalui lantai dasar.

Pemberian umpan

Pemberian umpan ini bisa anda lakukan secara berkala. Bisa anda lakukan sebelum rumah dibangun dengan sempurna, atau pada saat rumah anda telah terbangun sempurna. Pemberian umpan ini akan membuat rayap tidak dapat melakukan perkembang biakan. Lama kelamaan, rayap akan terkikis dan musnah dalam beberapa waktu kemudian.

Pemeriksaan berkala

Pemeriksaan ini penting untuk anda lakukan, guna memastikan bahwa tidak ada koloni rayap yang tinggal dalam bangunan anda. Jika masih terdapat koloni rayap, anda bisa segera lakukan tindakan pembasmian secepatnya. Agar koloni tidak lantas berkembang biak dan bersarang secara permanen dalam bangunan rumah anda. Pemeriksaan ini bisa anda lakukan dalam kisaran waktu 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali akan lebih baik.

Beberapa tahapan perlindungan rumah dari rayap di atas, bisa anda terapkan sejak rumah anda masih berupa pondasi hingga rumah anda berdiri secara sempurna. Semakin baik anda melakukan pencegahan rayap, semakin aman pula rumah impian anda nantinya. Semoga bermanfaat.

0 comentários: