Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sebelum memutuskan untuk renovasi rumah, sebaiknya pertimbangkan dengan matang keputusan tersebut. Karena merenovasi rumah lebih sulit dilak...

Sebelum Renovasi Rumah, Berikut Hal-hal Penting yang Harus Dipertimbangkan!

Sebelum memutuskan untuk renovasi rumah, sebaiknya pertimbangkan dengan matang keputusan tersebut. Karena merenovasi rumah lebih sulit dilakukan daripada membuat rumah baru. Baik dari segi biaya maupun waktu yang dibutuhkan. Ingin tahu apa saja hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum merenovasi rumah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Mempersiapkan Rencana dengan Matang

Sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah, ada baiknya rencanakan segala persiapan renovasi rumah tersebut dengan matang. Konsultasikan design dari rencana rumah yang akan direnovasi dengan ahlinya. Sesuaikan dengan keinginan dari pemilik rumah. Dan persiapkan segalanya dengan sempurna.

Untuk hal-hal yang perlu dikonsultasikan bisa mengenai bahan yang digunakan, estimasi waktu yang dibutuhkan, hingga biaya yang harus dikeluarkan. Pilihlah bahan yang awet dan tahan lama. Ketika budget yang dimiliki terbatas, maka pilihlah bahan yang bagus namun kualitasnya baik. Dengan begitu, hasil yang diberikan akan tidak jauh berbeda dari ekspektasi pemilik rumah.

2. Siapkan Sejumlah Anggaran dengan Baik

Anggaran ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat pelaksanaan renovasi rumah ini. Jangan sampai, saat proyek merenovasi rumah ini berlangsung harus terpaksa diberhentikan karena keterbatasan biaya. Tentu hal ini akan memakan biaya yang lebih banyak lagi. Mengapa? Karena jika pemberhentian renovasi tersebut dalam kurun waktu yang lama, tentu memerlukan biaya pemulihan untuk hasil renovasi sebelumnya.

Perhitungkan gaji tukang, kuli, dan bahan bangunan jika kegiatan renovasi dikelola sendiri. Namun, ketika kegiatan renovasi dilimpahkan pada kontraktor, tentu pemilik tidak perlu pusing mempertimbangkan biaya tersebut. Karena biasanya biayanya sudah diserahkan di awal penandatanganan kontrak. Biaya tersebut juga termasuk arsitek, jasa kontraktor dan desainer interior.

3. Mengenali Luas Tanah dan Bangunan yang Akan Dibangun

Mengenali berapa besaran luas rumah dan bangunan ini dapat membantu pemilik rumah ataupun kontraktor dalam mempertimbangkan biaya. Dengan begitu, perkiraan besaran anggaran akan lebih akurat karena didukung oleh data luas bangunan dan tanah ini.

Apakah itu penting? Ya! Hal ini sangat penting untuk diketahui. Coba bayangkan ketika terdapat seseorang yang ingin menjahit baju, tentu penjahit tersebut harus mengetahui berapa panjang kain yang dibutuhkan, bukan? Begitulah analogi sederhananya mengenai hal ini. Dengan mengetahui luas ini, pemilik akan lebih menghemat dengan tidak membeli bahan bangunan secara berlebihan.

4. Sediakan Dana Cadangan atau Tak Terduga

Meskipun sebelumnya, kegiatan merenovasi rumah ini sudah dilakukan persiapan dan perhitungan biaya yang diperlukan, dana cadangan perlu dipersiapkan. Hal ini untuk jaga-jaga jika terdapat suatu masalah di suatu hari saat pelaksanaan proyek renovasi ini. Kejadian tak terduga ini bisa disebabkan oleh faktor manusianya ataupun faktor alam. Sehingga, dana cadangan ini sangat perlu disiapkan.

Besaran dana cadangan yang harus dipersiapkan yakni berkisar 10 hingga 20 juta, tergantung ukuran rumah dan tanah yang direnovasi. Atau jika kondisi ekonomi pemilik rumah dalam keadaan baik, dana cadangan ini bisa disiapkan sebesar 25%-30% dari estimasi biaya. Dengan begitu, sang pemilik rumah dapat lebih siap dalam menghadapi segala kenyataan manis/pahit yang ada.

5. Tentukan Penggunaan Jasa untuk Merenovasi Rumah

Pemilihan penggunaan jasa untuk merenovasi rumah ini penting dilakukan oleh sang pemilik rumah. Karena tentu kegiatan renovasi tersebut diserahkan pada pihak ketiga, tidak mungkin dilaksanakan sendiri. Baik dari bagian pelaksana maupun perencanaan harus dipertimbangkan dengan baik oleh pemilik rumah.

Carilah penyedia jasa yang profesional untuk menangani proyek renovasi rumah tersebut. Dengan begitu, hasil yang diberikan dari kegiatan renovasi ini sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Selain itu, dengan memilih penyedia jasa renovasi yang profesional dapat membuat pemilik rumah lebih yakin dan tenang akan hasil yang diberikan.

Itulah beberapa hal yang penting yang wajib dicermati saat akan melakukan kegiatan renovasi rumah ini. Pertimbangkan segala aspek di atas dengan sempurna agar tidak terjadi permasalahan di suatu hari nanti.

1 komentar: